Cara mengobati jamur kuku mudah99% (bintik putih di kuku)

   Cara mengobati jamur kuku

Jamur pada kuku di tandai dengan tanda putih yang berarda pada ujung kuku Jika memiliki titik putih atau kuning di ujung kuku jari adna yang sering terjadi biasanya pada kuku ibu jari, kemungkinan  itu adalah jamur kuku atau dalam bahasa medis disebut onikomikosis. Jika infeksi makin menyebar, kuku bisa berubah warna, menebal, sampai kuku menjadi hancur oleh karena itu sebaiknya anda mengetahui bagai mana jamur kuku bisa terjadi dan bagai mana mengobati kuku yang berjamur.

Jamur kuku seringkali menginfeksi bahan keras pembentuk kuku. Infeksi ini sendiri bisa menyebar ke seluruh kuku, termasuk landasan, lempeng, dan akar kuku itu sendiri.

  penyebab dan cara mengobati jamur kuku 


Kenali Penyebab Jamur Kuku
Penyebab gangguan pada kuku ini adalah jamur dermatofit. Selain itu, jamur ragi (candida) kadang-kadang ikut bertanggung jawab atas terjadinya onikomikosis. Saat kondisi kuku hangat dan lembap, jamur dengan senang hati akan menjadikan kuku Anda sebagai habitatnya.
Jamur kuku sering menyerang kuku jari kaki dibandingkan jari tangan. karena jari kaki lebih mudah  membuat jamur tumbuh, seperti gelap, hangat, dan lembap tidak seperti kuku pada jari tangan walu banyak kejadian jugak kuku jari pun terkena jamur.

karena, jari pada  kaki memiliki aliran darah yang lebih sedikit dibandingkan dengan jari tangan anda. Oleh sebab itu, sistem kekebalan tubuh tidak bisa mendeteksi adanya masalah dan tidak bisa menghentikan infeksi yang terjadi di daerah tersebut dengan cepat.

Beberapa kebiasaan yang membuat jamur kuku mudah menyerang  adalah:


Memiliki kerusakan pada kulit atau kuku.
Berada di lingkungan yang lembap.
Memakai sepatu yang membuat kaki terasa panas dan berkeringat.
Rutin memakai kosmetik pada kuku atau kuku palsu dalam jangka panjang.
Sering menggigit kuku kebiasaan ini juga menjadi faktor kuku terserang jamur.
Terlalu sering mencuci tangan atau bersentuhan dengan air dalam waktu lama.
Memiliki kesehatan yang buruk atau menderita penyakit diabetes atau psoriasis. Psoriasis sendiri ialah salah satu penyakit yang ditandai dengan sel-sel kulit tumbuh terlalu cepat sehingga membentuk bercak di permukaan kulit yang tebal dan berwarna kemerahan atau putih.
Bagai mana cara mengobati kuku yang rusak terkena jamur
Sebenarnya ada beberapa cara  yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi jamur pada kuku.
Gunakan lah antijamur
Jika tanda-tanda putih sudah nampak di kuku, cucilah kuku dan keringkan. Selanjutnya, oleskan salep antijamur. Apa biala kaki yang diserang, taburilah bedak atau spray antijamur dan pastikan kaki selalu bersih dan selalu kering.

Memakai balsem
Walaupun tidak ada penelitian yang membuktikan secara medis, namun balsem dipercaya dapat mengatasi masalah jamur kuku, khususnya balsem VapoRub. Perlu anda ketahui sebelum Anda mengoleskan balsem tiap hari dengan menggunakan kapas pada kuku yang terkena jamur, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter.

Memotong dan menipiskan kuku
Memotong dan menipiskan kuku akan membantu obat yang digunakan untuk menyerap lebih dalam. Teknik ini juga mengurangi tekanan kuku sehingga rasa sakitnya berkurang. Anda juga bisa oleskan krim yang mengandung urea pada k
uku yang tebal karena jamur, bungkuslah dengan perban, lalu biarkan semalam.  Saat pagi, bilaslah dengan air dan sabun. Hal ini berguna untuk membuat kuku lebih lunak sehingga mudah dipotong dan ditipiskan.

Jika tindakan di atas masih belum efektif membuat kuku terbebas dari infeksi jamur, maka segera hubungi dokter.

Mungkin adana akan di berikan beberapa saran untuk mengobati kutu pada kuku atau kuku rusak berikut di antaranya yang sering dokter anjurkan untuk pasiennya
Meresepkan obat antijamur untuk diminum
Untuk mengganti kuku yang terinfeksi oleh jamur dengan kuku yang baru, dokter kemungkinan akan meresepkan obat antijamur. Proses penyembuhan jamur kuku dengan obat jenis ini biasanya memakan waktu sekitar empat bulan. Waktu selama itu dibutuhkan untuk mendapatkan kuku yang bebas jamur dan tumbuh sempurna.

Memberi obat berupa cat kuku
Yang di maksud disini adalah cat kuku yang memiliki sifat antijamur. Cat kuku antijamur ini biasa disebut ciclopirox. Berfungsi  untuk melapisi kuku dan sekitar kuku yang terinfeksi. Pada awal pemakaian, cat kuku akan dibiarkan selama tujuh hari sebelum dibersihkan dengan alkohol. Berikutnya  pemakaian cat kuku antijamur ini harus dilakukan tiap hari selama kurang lebih setahun hingga benar benar kuku bebas dari jamur..

Memberi obat berupa krim
Pengobatan lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan memakai krim antijamur. Pemakaiannya dilakukan dengan cara digosokkan pada kuku yang terinfeksi. Pastikan kuku direndam dan ditipiskan dahulu sebelum krim diaplikasikan. Penipisan kuku diperlukan agar krim antijamur lebih mudah menembus lapisan kuku sehingga jamur makin mudah disingkirkan.

Operasi pencopotan kuku
Pencopotan kuku yang terinfeksi jamur akan direkomendasikan dokter jika sudah menyebabkan sakit yang tidak tertahankan. Dengan dicopotnya kuku yang terinfeksi, kuku yang baru kemudian akan tumbuh di tempat yang sama. Proses penyembuhan dengan metode ini bisa memakan waktu setahun hingga kuku baru tumbuh sempurna.

Terapi laser
Salah satu metode modern yang bisa dilakukan, yaitu memakai terapi laser. Sayangnya, meski menjanjikan hasil yang lebih baik, namun efektivitasnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Beruntung, sudah ada studi permulaan yang menyebutkan bahwa penggunaan terapi ini yang dikombinasikan dengan krim antijamur efektif menangani jamur kuku..


Tentu saja semua proses di atas tidak perlu terjadi seandainya Anda memerhatikan kebersihan kuku kaki dan tangan sejak dini. Sebab, jamur kuku sangat erat kaitannya dengan kebersihan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara mengobati jamur kuku mudah99% (bintik putih di kuku)"

Post a Comment