kemanan komputer




Keamanan Komputer

Masalah keamanan komputer  adalah salah satu aspek yang penting pada sebuah sistem informasi. Masalah keamanan komputer kurang mendapatkan perhatian dari para perancang dan pengelola sistem informasi serta berada di urutan setelah tampilan, atau bahkan di urutan terakhir.

Kemajuan sistem informasi memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Akan tetapi aspek negatifnya juga sama banyaknya, seperti kejahatan komputer, di antaranaya pencurian, penipuan, pemerasan, kompetitif dan masih banyak lagi


Aspek keamanan komputer


1.      Authentication : agar orang yang menerima informasi dapat memastikan keaslian pesan datang dari orang yang benar dimintai informasi.
2.      Integrity : keaslian suatu pesan yang dikirim dari  sebuah jaringan dan dapat dipastikan bahwa informasi yang dikirim tidak dimodifikasi atau di rubah.
3.      Nonrepudiation : merupakan segala sesuatu hal yang bersangkutan dengan si pengirim.
4.      Authority : Informasi yang berada di dasalam suatu  sistem jaringan tidak dapat di rubah oleh pihak yang tidak berhak atas akses tersebut.
5.      Confidentiality : ialah suatu usaha untuk menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses.
6.      Privacy : merupakan data yang bersifat privarsi (pribadi).
7.      Availability: aspek availability atau ketersediaan informasi ketika dibutuhkan.
8.      Access control : aspek yang berhubungan dengan cara pengaturan akses kepada informasi. Biasanya berhubungan dengan masalah authentication dan privacy

Aspek-aspek ancaman keamanan

1.      Interuption : Ialah suatu ancaman yang terjadi terhadap availability.
2.      Interception :Ialah ancaman yang terjadi terhadap kerahasiaan (secrecy).
3.      Modifikasi : Ialah ancaman yang terjadi  terhadap interitas. Orang yang tidak berhak berhasil menyadap suatu lalu lintas informasi yang sedang dalam pengiriman dan dimodifikasi sesuai keinginan orang tersebut.
4.      Fabrication : Ialah  ancaman terhadap integritas. Orang yang tidakberhak, berhasil menduplikat (memalsukan) informasi yang ada, sehingga orang yang akan menerima informasi menyangka informasi tersebut berasal dari orang yang si penerima informasi tersebut.

     MetodologiKeamanan

Metodologi Keamanan komputer merupakan sesuatu yang sangat penting dalam masalah keamanan komputer karena semua elemen saling berkaitan.
Keamanan level 0 : keamanan komputer secara f fisik
Keamanan level 1 : yaitu terdiri dari keamanan database, data security, keamanan dari PC itu
                               sendiri, device dan application.
Keamanan level 2 : network security
Keamanan level 3 : informasi security
Keamanan level 4 : keamanan secara keseluruhan dari komputer

Devinisi Kemanan Komputer Menurut para Ahli



Menurut John D. Howard  “An Analysis of security incidents on the internet” mengatakan bahwa : “Keamanan komputer adalah penanganan dan pencegahan dari serangan pengguna komputer atau pengakses jaringan oleh seorang yang tidak bertanggung jawab.” 

Menurut Gollmann pada tahun 1999 dalam bukunya “Computer Security” menyatakan bahwa: “Keamanan komputer adalah berhubungan dengan pencegahan dini dan deteksi terhadap tindakan pengganggu yang tidak dikenali dalam sistem komputer.”

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "kemanan komputer"

Post a Comment