Penyebab mata bayi belekan

Yang Perlu Anda Ketahui Soal Mata Bayi Belekan
Mata bayi belekan umum terjadi pada bayi yang baru lahir. Tapi jika terjadi selama lebih dari 12 bulan, segera hubungi dokter.
Anda mungkin sering melihat adanya belek lengket atau kerak mengering di sudut mata si kecil. Atau bisa jadi  ada pula air mata yang mengalir keluar. Dan jika diperhatikan lebih lanjut, belek tersebut membuat bulu mata buah hati menjadi lengket satu sama lain, terutama setelah dia tidur.
Penyebab mata bayi belekan
Mata baby belekan alias sering keluarnya kotoran mata, merupakan hal yang sangat lazim dan umum terjadi pada bayi yang baru lahir. Mata bayi belekan dan lengket tersebut biasanya disebabkan oleh terlambatnya perkembangan dan pembukaan saluran air mata si kecil. Atau bisa di sebut juga, saluran air mata bayi anda masih terbuka sepenuhnya.
Mata bayi belekan bisamengalami  pada satu atau kedua mata si bayi. Tetapi, janganlah mama menjadi resah atau gelisah akan hal ini. Dengan  berjalannya waktu, mata bayi belekan dan lengket akan sembuh dengan sendirinya. Biasanya dalam  waktu beberapa minggu namun dapat pula beberapa bulan, (enam hingga 12 bulan).

Yang dapat Bunda lakukan ialah membersihkan belek atau kerak pada mata si baby dengan melakukan beberapa langkah mudah berikut ini:
Pertama bersihkan tangan mama hingga bersih.
Siapkan kapas atau bisa juga cotton bud yang bersih, air hangat yang sudah mendidih/mateng, dan mankuk/baskom kecil.
Basahi kapas atau cotton bud dengan air hangat. Kemudian usap mata si kecil, dari sudut mata bagian dalam ke sudut sebaliknya secara teratur.
Ulangi tindakan ini hingga mata si kecil bersih dari belek dan kerak. Ada yang harus mama perhatikan, yaitu ganti cotton bud atau kapas tiap kali mata diusap. Satu usapan, satu kapas atau satu cotton bud.
Jika saluran air mata sedikit terhalang, Bunda dapat menggunakan tangan Anda untuk memijat sudut mata bayi yang dekat hidung, dengan gerakan ke bawah tiga kali sehari.
Cuci dan Bersihkan tangan mama hingga besi setelah mengusap mata si kecil.
Jangan gunakan berbagi handuk atau kain lap bayi guna menghindari kontaminasi  jika ada infeksi.
Kapan harus waspada?
Mata baby belekan biasanya bukan suatu hal yang perlu mama khawatirkan. Namun, beda ceritanya jika Bunda menemukan berbagai tanda atau gejala berikut ini pada si kecil:
Belek atau kotoran mata yang muncul bertambah banyak.
belek mata berwarna kekuningan atau kehijauan.
Warna belek mata putih, tapi warna bagian putih mata menjadi merah/ bagian atas kelopak mata menjadi bengkak. Ini salah satu tanda-tanda kemungkinan adanya infeksi.
Jika si baby menangis terus-menerus.
Jika si baby sering mengucek mata dan tampak kesakitan.
Jika si baby tidak mau membuka matanya.
Jika si baby merasa silau karena cahaya dan tampak kesakitan ketika melihat cahaya.
Jika bentuk setruktur mata atau kelopak mata si baby tampak tidak teratur.

Apabila Bunda memperhatikan tanda-tanda seperti di atas pada buah hati, jangan ragu untuk segera mendatangi dokter mata guna mendapatkan penanganan lebih lanjut dan tepat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab mata bayi belekan"

Post a Comment