Efek Karang Gigi Dan Cara Mencegahnya


Apa Saja Efek Karang Gigi Dan Cara Mencegahnya

  

Plak gigi terbentuk ketika ada bakteri dalam mulut bercampur dengan protein dan sisa-sisa makanan yang pernah anda makan. Jika plak gigi ini tidak dibersihkan secara rutin, maka karang gigi akan otomatis terbentuk.jadi karang gigi terbentuk akibat ada bakteri dan sisa makanan di mulut yang tidak di bersihkan secara rutin yang mengakibatkan terbentuknya karang gigi.
Karang gigi itu sendiri ialah plak gigi yang mengeras dan bertambah sedikit demi sedikit. Efeknya Iritasi dan peradangan akan semakin mudah menimpa seseorang yang jarang membersihkan giginya jika hal ini dibiarkandalam jangka panjang. Karang gigi yang terbentuk, susah sekali untuk di ,hanya dokter gigi yang bisa menghilangkannya.
Pastilah anda bertanya bagai mana cara menghilangkan atu mencegah karang gigi atu apa saja efek karang gigi dan cara mencegahnya
Banyak sekali yang di timbulkan dari karang gigi atau  Efek dari Karang Gigi
Timbulnya  karang gigi membuat proses pembersihan atau menyikat gigi dan flossing menjadi tidak efektif lagi. Gangguan pada gigi ini akan memudahkan proses pemecahan enamel gigi yang diakibatkan oleh asam yang dikeluarkan oleh bakteri mulut. Factor ini lah yang memudahkan munculnya gigi berlubang atau kerusakan pada gigi.
Karang gigi sendiri memiliki efek serius pada kesehatan mulut dan tubuh anda secara keseluruhan terutamanya jika tumbuh di atas garis gusi. karena tempat inilah bakteri bersarang,pada mulut kemudian menyusup ke dalam gusi sehingga membuatnya rusak dan mengalami iritasi.

Salah satu efek paling ringan dari karang gigi adalah gingivitis alias radang gusi. Setelah gingivitis terjadi, sementara karang gigi tetap ada, maka gusi tinggal menunggu waktu untuk terkena penyakit periodontitis. Penyakit ini biasanya berbentuk kantong nanah yang timbul di antara gusi dan gigi.

Efek berbahaya lainnya adalah risiko penyakit jantung dan stroke yang sepertinya berhubungan dengan kesehatan gusi. Diduga, bakteri dan mikroorganisme yang terdapat dalam plak gigi bisa masuk ke dalam jaringan darah. Kondisi tersebut dapat membuat arteri mengalami penyumbatan. Apabila aliran darah tersumbat, maka kemungkinan mendapat penyakit jantung dan stroke diduga bisa lebih tinggi.

Ketika sistem pertahanan tubuh melakukan reaksi perlawanan terhadap bakteri yang ada di dalam kantong nanah maka secara bersamaan bakteri juga akan melepaskan zat pertahanan diri. efeknya, tulang gigi dan jaringan lain yang berada di sekitarnya dapat  mengalami kerusakan. Jika di biarkan, maka bersiaplah untuk kehilangan gigi, sekaligus lemahnya kekuatan tulang di mana gigi tertanam.

Mencegah dan cara Mengobati Karang Gigi

Beberapa cara yang bisa anda dilakukan agar karang gigi tidak terus bertambah dalam mulut cara efektiv untuk mencegah karang gigi adalah dengan Menyikat gigi
Menyikat gigi dua kali dalam sehari sehari selama dua menit adalah cara yang mampu mencegah tumbuhnya karang gigi. Gunakan sikat gigi yang lembut dan mampu menjangkau bagian belakang gigi geraham anda.



Gunakan pasta gigi yang mengandung flouride

Pasta gigi yang mengandung flouride bias mencegah plak tumbuh berkembang menjadi karang gigi. Pasta gigi jenis ini juga lebih baik  dalam memperbaiki enamel yang rusak. Akan lebih baiklagi  jika pasta gigi yang digunakan juga mengandung triclosan yang mampu memerangi bakteri yang berdiam di plak gigi.

Flossing

Membersihkan gigi dengan benang atau flossing adalah solusi paling tepat jika ingin  membersihkan plak npada gigi gigi yang ada di sela-sela gigi sehingga mengurangi kemungkinan terbentuknya karang gigi. Lakukan hal ini walupun  sudah menyikat gigi lakukanlah rutin sebagaimana disyaratkan di atas.

Jaga makanan

Bakteri yang ada di mulut sangat erat kaitannya dengan jenis makanan yang dikonsumsi hindari lah makan makanan yang manis karena. Bakteri akan berkembang pesat saat makanan manis dan bertepung dikonsumsi. Bakteri akan mengeluarkan zat asam berbahaya jika bertemu dengan kedua jenis makanan di atas. Cara terbaik mengurangi kemungkinan terbentuknya karang gigi adalah dengan membatasi jenis-jenis makanan tersebut.

Hindari merokok

Kebiasaan merokok meningkatkan risiko pembentukan karang gigi pada para pengisapnya.

Karena menghilangkan karang gigi hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi, maka mengunjungi klinik perawatan gigi secara terjadwal adalah cara terbaik. Mendatangi dokter gigi enam bulan sekali sangat disarankan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Efek Karang Gigi Dan Cara Mencegahnya"

Post a Comment